eXTReMe Tracker

Adakah Makhluk Halus?

 
Adakah Makhluk Halus?-Di daerah Indonesia, masih ada kepercayaan bahwa orang halus itu masih ada, bagaimana menurut Islam? Menurut yang saya hadapi, orang halus memang bisa datang dengan meminjam jasad orang lain sehingga ia bisa berbicara dengan manusia biasa, bahkan bertanya dan membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi orang biasa. Bolehkah kita menyakini kata-katanya. Mohon penjelasan pengasuh, sebab makhluk halus itu juga mengucapkan pujian dan salawat kepada Nabi.
    
Perlu kami tegaskan bahwa dalam Islam tidak ada yang disebut makhluk halus, orang halus dan sejenisnya. Makhluk Allah swt itu terdiri dari malaikat, jin-yang diantara jin itu ada yang durhaka kepada Allah swt sehingga menjadi iblis atau syaitan, manusia, binatang dan alam semesta.
Di dalam masyarakat, yang dimaksud dengan makhluk halus itu biasanya orang yang sudah mati tapi rohnya balik lagi sehingga disebut roh yang gentayangan. Roh itu lalu masuk ke jasad orang yang hidup dan ini sering disebut dengan istilah kesurupan.
Pengasuh tidak meyakini kalau hal itu bisa terjadi. Orang yang sudah mati rohnya langsung menghadap Tuhan Allah swt dan dia tidak akan kembali lagi ke dunia, karena memang alamnya sudah berbeda.
Kalau kemudian ada orang yang kesurupan lalu mengaku dari orang yang sudah mati, maka kami memahami bahwa itu sebenarnya syaitan iblis yang memang kerjaannya menggoda manusia agar taat kepadanya bukan taat kepada Allah swt. Kalau manusia menyakini kata-katanya kemudian menuruti apa perintahnya meskipun nampaknya perintahnya baik, maka ia berarti menuruti perintah iblis dan dia melakukan kebaikan bukan karena Allah swt tapi karena iblis. Begitulah memang diantara cara iblis yang begitu halus dalam menggoda manusia.
Karena itu pada setiap muslim, Allah swt memerintahkan agar manusia masuk ke dalam Islam secara keseluruhan dan tidak mengikuti cara-cara syaitan. Allah swt berfirman yang artinya: Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam secara keseluruhannya, dan janganlah kamu turuti langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu (QS. Al Baqarah [2]:208).

Demikian jawaban singkat pengasuh, semoga bermanfaat bagi kita, amien.
loading...
Labels: Info

Thanks for reading Adakah Makhluk Halus?. Please share...!

0 Comment for "Adakah Makhluk Halus?"

1. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
2. Dilarang keras SPAM + Live Link!!!
3. Jika copy paste, harap cantumkan link sumber
4. Kritik dan saran sangat diperlukan

loading...
Back To Top