eXTReMe Tracker

Perkembangan Game di Indonesia

Siapa sih yang ngak tahu yang namanya game ? pasti semuanya udah tahu baik di kalangan anak-anak, remaja hingga dewasa. Game terus berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi dunia. Banyaknya peminat game membuat perusahaan game terus berkarya agar usahanya tetap hidup. Game juga sangat berkembang di negara Indonesia yang merupakan negara konsumtif ( negara yang hanya pandai memakai produk, tapi tidak bisa membuat ). 

Sebenarnya game-game Indonesia sudah ada sejak awal tahun 90-an, hanya saja itu tidak berhasil menjadi trendmark. Kurangnya respons dari gamers sangatlah wajar karena memang karya para pencipta game itu tidak ter-publish atau di-publish dengan baik.


Dulu orang seolah tidak peduli dengan perkembangan game di tanah air. Namun sejak 27 Januari 2004 , yaitu saat David Setiabudi menerima penghargaan dari MURI (Museum Rekor Indonesia) sebagai “Pembuat Game Pertama di Indonesia ( Divine Kids, situs resmi www.divinekids.com )”, dunia gamersmulai mendapat nafas baru. Penganugerahan yang akhirnya menjadi polemik di kalangan gamers ini menjadi bukti bahwa Indonesia bisa menghasilkan game sendiri.

Akhir-akhir ini sudah mulai banyak pembuat game Indonesia mulai memasuki ranah 3D. Tentunya game asli Indonesia tersebut didesain serba indonesia, berbahasa nasional bahkan memakai bahasa bahasa daerah. Untuk di luar negeri karya 3D sudah biasa, namun di negara kita itu masih sedang dalam proses pembelajaran. Karya asli Indonesia kebanyakan masih 2D, tapi kita tidak perlu pesimis. Waktu untuk belajar tidak akan ada habisnya. 

Diantara game 3D buatan Indonesia, yaitu Jurig Escape, yang dibuat oleh Mahasiswa Indonesia. Meski masih ditemukan banyak kekurangan, tapi para Game Maker Indonesia tetap terus berkarya, bahkan para Game Makernya yaitu banyakan dari kalangan remaja. Semoga dengan usaha para remaja-remaja dalam membuat game, membuat negara Indonesia ini lebih maju. 

Beberapa web yang menyediakan game Indonesia 
1. Divine Kids (http://www.divinekids.com/)
2. Ryugasia (http://www.ryugasia.com/)
3. Synergy Game (http://www.synergeargame.com/)

Dan masih banyak lagi karya Indonesia yang sudah tersebar di Indonesia, salah satunya game Hacker ID, merupakan game simulasi hacker bagi yang ingin belajar mengenai hacking.

Demikian artikel ini, semoga bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih atas kunjungannya
loading...
Labels: Info

Thanks for reading Perkembangan Game di Indonesia. Please share...!

6 Comment for "Perkembangan Game di Indonesia"

Ternyata indonesia sudah maju dalam bidang Game hhehehe tapi tetep masih kalah sama jepang..

Jangan Lupa Koment Balik Ya...

Selamat, blog sobat terindex di Gudang TV Directory

http://bloggerdirektori.gudang.tv/2013/04/httpjamil21blogspotcom.html

Happy Blogging

Makasih atas komentarnya dan semoga game Indonesia bisa lebih maju lagi.

Terima kasih sudah berkunjung di blog yang sangat sederhana ini.

Happy Blogging

Informasi yang menarik dan saya ijin baca2 di blog yang super ini, terima kasih sahabat.

This comment has been removed by the author. - Hapus

1. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
2. Dilarang keras SPAM + Live Link!!!
3. Jika copy paste, harap cantumkan link sumber
4. Kritik dan saran sangat diperlukan

loading...
Back To Top