eXTReMe Tracker

Manfaat dan Bahaya Minum Kopi


Manfaat dan Bahaya Minum Kopi - Assalamu'alaikum dan selamat datang. Kali ini saya posting mengenai "Manfaat dan Bahaya Minum Kopi". Kopi sudah menjadi minuman favorit, terutama bagi karyawan yang selalu lembur, serta mahasiswa yang disibukkan dengan tugas yang membuat otak berputar. Kopi dijadikan minuman favorit karena khasiatnya yang membuat orang tahan ngantuk serta menambah stamina, namun anda juga sebagai penikmat kopi juga harus berhati-hati karena dibalik khasiat yang luar biasanya, adapula bahayanya. 

Bahaya minum kopi
Sebuah jurnal penelitian terbaru yang diterbitkan oleh Mayo Clinic Proceedings menunjukkan bahwa jika seseorang di bawah usia 55 tahun meminum lebih dari 4 cangkir kopi per hari memiliki kemungkinan sebesar 20% meninggal dalam waktu 17 tahun ke depan.

Bahaya kopi bagi penampilan anda adalah gigi berwarna kuning dan nafas menjadi lebih mudah berbau tidak sedap. Sedangkan untuk seorang pecandu yang tidak bisa meminum kopi dalam jangka waktu tertentu akan mengalami migrain atau sakit kepala sebelah. Ini semua merupakan efek buruk minum kopi yang berasal dari konsumsi kafein secara berlebih.

Sedangkan fakta di indonesia, sebagian besar pecinta minuman kopi selalu mengikutsertakan rokok dalam menikmati secangkir kopi hangat. Suatu kombinasi 'maut' yang bisa saja berujung maut. Tentu anda sudah paham benar efek buruk sebatang rokok bagi kesehatan tubuh.

Adapula dampak negatif lainnya 
  1. Kafein
    Salah satu kandungan yang terdapat pada kopi adalah kafein, kafein sendiri bisa berdampak buruk pada sistem kardiovaskuler tubuh seperti adanya peningkatan denyut jantung dan memicu meningkatnya tekanan darah.
  2. Gangguan pada gigi
    Dengan minum Kopi dapat menyebabkan gigi seseorang berlubang, dan menimbulkan karang gigi menjadi kuning.
  3. Peningkatan Asam Lambung
    Jika mengkonsumsi kopi dengan Dosis yang terlalu berlebihan dapat menyebabkan seseorang terkena kegelisahan. Selain meningkatkan kegelisahan, kadar keasaman kopi dapat mempengaruhi Peningkatan Asam Lambung.
  4. Dan khusus untuk ibu yang sedang mengandung usahakan hindari kopi agar lebih aman untuk janinnya, walaupun belum ada keterangan yang mengususkan namun lebih baik menghindarinya.
  5. Menyebabkan insomia atau penyakit susah tidur
Manfaat minum kopi
Dari sekian dampak negatif minum kopi, bagi penikmat kopi jangan langsung kaget, karena minum kopi juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh :
  1. Kopi dapat membantu melawan depresi serta memperbaiki suasana hati (mood) yang sedang buruk
  2. Minum dua sampai empat cangkir kopi sehari mengurangi risiko bunuh diri pada pria dan wanita dewasa
  3. Kegunaan kafein pada kopi juga dapat membantu hati dalam menjalankan tugasnya serta mengurangi resiko penyakit sirosis hati dan bahkan kanker
  4. Manfaat minum kopi bisa membantu mengurangi berat badan serta dapat menekan nafsu makan
  5. Mampu meningkatkan kinerja tubuh karena jumlah asam lemak dalam aliran darah akan meningkat setelah anda minum kopi
  6. Menurunkan risiko diabetes tipe II berkat asam klorogenat dan alkaloid trigonelina yang berperan mengurangi glukosa dan respon insulin
  7. Bagi orang yang sudah berumur, minum kopi dapat membantu daya pikir tetap tajam dengan memperlambat timbulnya penyakit neurodegenerative
  8. Mempertajam reaksi, perhatian, kewaspadaan dan penalaran logis berkat efek baik dari kafein pada kopi
  9. Khasiat minum kopi secara teratur selanjutnya adalah membantu anda menangkal kanker kulit serta tumor kulit ganas
  10. Manfaat kafein dalam biji kopi dapat membantu memperkuat otot-otot tubuh, sama seperti anda berolahraga
  11. Mencegah Seseorang Terkena Batu Ginjal
  12. Menurut pakar peneliti yang bertempat di Harvard, mereka melakukan penelitian tentang kopi, dan alhasil merekapun mengumumkan bahwa untuk seorang wanita yang mau meminum kurang lebih 2-3 cangkir kopi sehari, berarti mereka telah mengurangi resiko terkena serangan penyakit batu ginjal sebesar 25%, penelitian ini dikuatkan oleh beberapa ahli peneliti yang tersebar didunia lainnya. 
  13. Mencegah kanker
  14. Mencegah serangan jantung
  15. Mencegah stroke
  16. Mencegah diabetes tipe II
  17. Meningkatkan system imun tubuh
  18. Mencegah seseorang terkena sirosis
Solusi jika ingin mendapatkan manfaat kopi, cobalah mengkonsumsi kopi 2-3 cangkir setiap harinya, jika anda merasakan gejala efect negatif usahakan anda jauhkan kopi untuk menjaga kesehatan anda. Cara yang paling jitu selanjutnya dengan mengkonsultasikan kedokter.

Itulah sedikit pembahasan info kesehatan kali ini semoga artikel manfaat kopi ini bisa bermanfaat untuk saya sendiri dan umumnya bagi kita semua. Sekian dan terima kasih.

Sumber :


loading...
Labels: Kesehatan

Thanks for reading Manfaat dan Bahaya Minum Kopi. Please share...!

9 Comment for "Manfaat dan Bahaya Minum Kopi"

Banyak bahayanya, tapi juga banyak manfaatnya yah... Aq penggemar kopi sejak beberapa tahun lalu, tepatnya beberapa tahun setelah punya anak. :)

manta banget mas .. salam kenal dari http://www.beriharga.com/

Kalo saya minum kopi ga sampai tiap hari, itu juga kopinya kopi banci hehehe kayak kopi luwak atau cappuchino gitu. Selain itu saya suka pake sedotan minumnya, jadi ga terlalu banyak bersentuhan dengan gigi

@VictiaMinum kopinya jangan terlalu berlebihan. Makasih atas komentarnya.

@Efi FitriyyahTerima kasih atas kunjungan dan komentarnya.

dibalik dampak positip, ada dampak negatipnya jugaternyat... menambah pengetahuan, karena saya tidak banyak tahu tentang kopi, terima kasih :)

oh iya salam kenal :)

Ternyata bahaya juga ya banyak2 minum kopi...tp enak sih..hehe
Salam kenal sob...Saya tunggu kunjungan baliknya sob....

http://indriya-angga.blogspot.com

Saya juga baru menulis manfaat kopi, tapi bahayanya gak saya tulis, hehe....
ini mas linknya:
http://warman32.blogspot.com/2014/12/pengaruh-dan-manfaat-kopi-untuk-tubuh.html
Tenang aja gak livelink kan :)

1. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
2. Dilarang keras SPAM + Live Link!!!
3. Jika copy paste, harap cantumkan link sumber
4. Kritik dan saran sangat diperlukan

loading...
Back To Top