eXTReMe Tracker

4 Perkara Yang Membinasakan

Sumber : http://umar-arrahimy.blogspot.co.id/
Jamil 21 - Bismillahirrahmanirrahim. Sudah lama kami selaku admin blog ini tidak aktif karena beberapa kesibukan dan baru saat ini kami update blog kami ini. Sebagai manusia yang merupakan makhluk ciptaan Allah Subhanahu wa Ta'ala yang wajib beribadah kepada-Nya. Kita harus selalu ingat, bahwa kehidupan di dunia ini cuma sementara dan kehidupan akhirat itu kekal. Maka kita harus menyiapkan bekal untuk kehidupan di akhirat kelak. Allah Azza wa Jalla berfirman (yang artinya): 

"Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akherat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan". (QS. Al-Hasyr: 18)

Imam Ibnul Jauzi rahimahullah berkata, "Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman, "hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat)" yaitu hendaklah seseorang dari kamu memperhatikan, apa yang telah dia amalkan, apakah amal shalih yang menyelamatkannya atau sesuatu (amal buruk) yang akan mencelakakannya.

Berikut ini 4 perkara yang dapat membinasakan manusia :

1. Dosa dan Kemaksiatan
Kedua hal ini paling banyak menggugurkan kebaikan dan memberatkan timbangan keburukan. Melakukan satu perbuatan dosa seperti zina atau melanggar larangan Allah Azza wa Jalla ketika sendirian, sudah cukup untuk menggugurkan kebaikan-kebaikan walaupun sebesar gunung. Sahabat Tsauban radiyallahu 'anhu menceritakan dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, bahwa bersabda: 

"Aku benar-benar mengetahui rombongan-rombongan orang dari umatku, mereka akan datang pada hari kiamat dengan membawa kebaikan-kebaikan sebesar gunung Tihamah yang berwarna putih, akan tetapi Allah Subhanahu wa Ta'ala akan menjadikannya sebagai debu yang berhamburan". 

Tsauban radiyallahu 'anhu berkata, "Wahai Rasulullah! Terangkan sifat mereka kepada kami! Terangkan keadaan mereka kepada kami, agar kami tidak termasuk golongan mereka padahal kami tidak mengetahui!"

Beliau shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, 
"Sesungguhnya mereka itu adalah saudara-saudara kamu, dan dari kulit kamu, mereka mengisi sebagian malam sebagaimana kamu mengisi, namun mereka adalah rombongan-rombongan orang yang jika menyendiri, mereka melanggar perkara-perkara yang diharamkan oleh Allah". (HR. Ibnu Majah dishahihkan oleh syaikh al-Albani; syaikh Salim al-Hilali dan lainnya).

Oleh karena itu kewajiban kita untuk bertaqwa kepada Allah dimana saja berada, baik ketika sendiri atau ketika bersama orang lain. Begitulah yang diwasiatkan oleh Rasulullah.

2. Ujub
Ujub (membanggakan diri) dan terpedaya dengan amalan-amalan shaleh akan membatalkan pahalanya. Mereka menyanggaka dia akan masuk surga dengan amalannya tersebut. Sebagai seorang muslim, jangan ujub atau membanggakan amalannya, apalagi sampai menganggap remeh amalan orang lain. Hanya Alllah yang mengetahui mana hamba-hambanya yang bertakwa.

3. Mengganggu Hak Orang Lain
Dari Abu Hurairah radiyallahu 'anhu, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Tahukah kamu siapakah orang bangkrut itu?" Para sahabat radiyallahu 'anhum menjawab, "Orang bangkrut menurut kami adalah orang yang tidak punya uang dan barang."
Beliau shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Sesungguhnya orang bangkrut di kalangan umatku yaitu orang datang pada hari kiamat dengan membawa pahala shalat, puasa dan zakat. Tetapi dia mencaci orang ini, menuduh orang ini, makan harta orang ini, menumpahkan darah orang ini, dan memukul orang ini. Maka orang ini diberi sebagian kebaikan-kebaikannya, dan orang ini diberi sebagian kebaikan-kebaikannya. Jika kebaikan-kebaikannya telah habis sebelum diselesaikan kewajibannya, kesalahan-kesalahan mereka diambil lalu ditimpakan padanya, kemudian dia dilemparkan di dalam neraka." (HR. Muslim)

Dari hadits tersebut, maka kita jangan mengganggu hak orang lain, karena akan menghanguskan amalan-amalan ibadah yang telah kita kerjakan.

4. Keburukan Yang Dosanya Terus Berjalan
Sesungguhnya ada keburukan-keburukan yang dosanya terus berjalan memakan kebaikan-kebaikan seseorang walaupun pelakunya telah meninggal dunia. Diantara keburukan-keburukan yang dosanya terus berjalan adalah menyesatkan kaum muslimin, berfatwa tanpa ilmu, menjauhkan seorang muslim dari ketaatan, menyebarkan kaset-kaset yang memuat video porno atau sejenisnya.

Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam telah bersabda:
"Barangsiapa membuat perbuatan yang buruk di dalam agama Islam (seperti kemaksiatan, bid'ah, dan lainnya, kemudian diikuti oleh orang-orang lain), dia menanggung dosannya dan dosa orang yang mengamalkannya setelahnya, tanpa mengurangi dosa-dosa mereka sedikitpun." (HR. Muslim dari Jarir bin Abdullah).

Itulah empat perkara yang membinasakan, semoga Allah Azza wa Jalla selalu menjaga kita perkara-perkara tersebut. Silahkan sebarkan dan semoga bisa menjadi pahala amal jariyah buat anda. Aamiin.
Wassalam

Sumber : Buletin Al-Balagh edisi 18 : 4 Perkara Yang Membinasakan 
Labels: Islam

Thanks for reading 4 Perkara Yang Membinasakan . Please share...!

0 Comment for "4 Perkara Yang Membinasakan "

1. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
2. Dilarang keras SPAM + Live Link!!!
3. Jika anda ingin blogwalking, harap cantumkan link asli blog anda.
4. Jika copy paste, harap cantumkan link sumber
5. Kritik dan saran sangat diperlukan

Back To Top