eXTReMe Tracker

Mau Jadi Ahli IT Profesional ? Ini Macam-Macam Sertifikat IT Internasional

Foto http://peopleworldwide.jp
Jamil 21 - Bismillahirrahmanirrahim. Dengan perkembangan teknologi, maka semakin banyak yang berlomba-lomba belajar IT, baik melalui kursus online maupun offline atau memilih jurusan IT di perguruan tinggi. Untuk sukses menjadi ahli IT yang profesional, kamu harus memiliki sertifikat sebagai bukti bahwa adalah seorang ahli IT profesional. Berikut ini macam-macam sertifikat IT internasional :

1. CompTIA

Sertifikasi CompTIA merupakan jenis sertifikasi yang diperuntukkan untuk mereka yang ingin mengawali karier dan juga mereka yang sudah berkarier di bidang IT. Sertifikasi CompTIA ini sendiri terdiri atas 3 jenis sertifikasi yaitu:

  • CompTIA A+ untuk kalian yang ingin mendapatkan pengakuan di bidang hardware dengan sejumlah pengetahuan seperti troubleshooting, perbaikan serta maintenance, memahami lebih dalam tentang konsep sistem operasi, jaringan komputer, dan keamanan komputer. Sertifikasi yang satu ini sangat cocok untuk mereka yang ingin menjadi seorang IT Support.
  • CompTIA Network+ untuk kalian yang ingin mendapatkan pengakuan di bidang jaringan komputer, mulai dari konsep infrastruktur jaringan, maintenance, dan manejemen serta troubleshooting permasalahan jaringan komputer.
  • CompTIA Security+ untuk mereka yang ingin mendapatkan pengakuan di bidang keamanan sistem komputer.


2. Cisco

Sertifikasi Cisco merupakan jenis sertifikasi yang khusus diperuntukkan bagi mereka yang ingin menjadi seorang ahli jaringan komputer dengan menggunakan teknologi Cisco. Sertifikasi ini sudah memiliki reputasi yang sangat besar selama bertahun-tahun yang mana terbagi atas 5 tingkatan:

  • Entry Level untuk para pemula di bidang jaringan komputer.
  • Associate Level untuk mereka yang ingin mendapatkan pengakuan karena kemahiran di bidang jaringan komputer seperti teknik instalasi, konfigurasi, pengoperasian dan troubleshooting jaringan.
  • Professional Level merupakan tingkatan lanjut yang diperuntukkan bagi mereka yang ingin mendapatkan pengakuan terkait pengetahuan aspek jaringan komputer di yang lebih tinggi lagi dan umumnya mereka yang sudah berada pada tingkat ini sudah bisa dikatakan sebagai ahli jaringan komputer.
  • Expert Level merupakan tingkatan untuk mereka yang ingin mendapatkan pengakuan terkait pengetahuan mereka seputar jaringan komputer secara mendalam dan sertifikasi pada tingkat ini diakui secara internasional.
  • Architect Level merupakan tingkatan paling tinggi yang diperuntukkan bagi mereka yang ingin mendapatkan pengakuan dan menjadi seorang arsitek jaringan komputer dengan kemampuan memahami jaringan komputer pada tingkatan yang sangat kompleks (Global).

Silahkan kunjungi 
·          
3. Oracle
Sertifikasi Oracle merupakan sertifikasi yang diperuntukkan bagi mereka yang ingin menguasai penggunaan dan pemanfaatan teknologi Oracle. Sertifikasi ini sendiri terbagi atas tiga jenis yaitu:


  • Certified Associate untuk mereka yang ingin mendapatkan pengakuan terkait pemahaman dasar seputar administrasi database dan pengembangan aplikasi menggunakan produk Oracle.
  • Certified Professional untuk mereka yang ingin mendapatkan pengakuan terkait penguasaan teknologi Orcle ke tingkat yang lebih tinggi lagi terutama dalam hal administrasi database dan web serta pengembangan aplikasi.
  • Certified Master merupakan tingkatan tertinggi yang diperuntukkan bagi mereka yang kemampuannya dalam menggunakan dan mengembangkan produk Oracle sudah diakui.

·          
4. Microsoft
Sertifikasi Microsoft merupakan jenis sertifikasi yang diperuntukkan bagi mereka yang ingin memahami dan menguasai berbagai produk dari Microsoft sebagai penunjang dalam karier di bidang IT. Sertifikasi Microsoft ini sendiri terdiri atas 4 jenis yaitu:

  • Office Specialist (MOS) untuk mereka yang ingin mendapatkan pengakuan kemampuan menggunakan Microsoft Office dalam memenuhi berbagai kebutuhan pekerjaan atau bisa dibilang sertifikasi ini diperuntukkan bagi mereka yang ingin mahir menggunakan office secara mendalam.
  • Technology Associate (MTA) untuk mereka yang ingin mendapatkan pengakuan terkait pemahaman mereka tentang dasar pengembangan teknologi informasi.
  • Certified Solutions Developer (MCSA) untuk mereka yang ingin mendapatkan pengakuan atas kemampuan profesional mereka di bidang IT. Sertifikasi yang satu ini sangat cocok untuk para profesional IT dan juga mahasiswa yang ingin memperdalam pengetahuan IT mereka.
  • Certified Solutions Expert (MCSE) untuk mereka yang kemampuannya sudah tidak diragukan lagi. Mereka yang mendapatkan sertifikat pada tingkat ini umumnya sudah mampu memberikan solusi profesional yang inovatif di bidang IT serta mampu memenuhi tuntutan kerja yang sangat kompleks.

Silahkan kunjungi

5. Project Management Professional (PMP)
PMP adalah sertifikasi yang dikeluarkan oleh Project Management Institute, sebuah lembaga independent yang berada di Pennsylvania, Amerika Serikat. Orang yang memiliki sertifikat ini dianggap telah berhasil membuktikan bahwa dirinya layak memimpin dan mengatur satu tim dalam sebuah proyek. Sertifikat PMP diakui secara luas di dunia industri, tidak hanya terbatas pada dunia IT saja. Namun, para pelaku dunia IT juga kerap menganggap bahwa PMP termasuk sertifikat yang harus dimiliki, mengingat pekerjaan di dunia IT kerap di kerjakan secara tim bukan individual. Sehingga kemampuan seseorang dalam memimpin sebuah tim pastilah sangat penting. Untuk mendapatkan sertifikat ini, Anda harus melewati satu ujian dan menjawab sekitar 200 buah pertanyaan, dengan biaya berkisar antara 3,5 juta rupiah (250 US$) hingga 8,3 juta rupiah (600 US$). Masa berlaku sertifikat adalah 3 tahun.


6. Adobe
Sebagai salah satu perusahaan IT besar, Adobe pun juga menawarkan sertifikat bagi yang ingin mengembangkan potensi dan karirnya di bidang IT, berikut sertifkatnya: 

  • Adobe Dreamweaver Cs6. Sertifikasi ini bertujuan untuk memvalidasi pengetahuan peserta mengenai penggunaan Adobe Dreamweaver CS6 ACE. Isi materi test mengenai pengetahuan arsitektur website, desain tata letak, koding halaman website, dan editing website dengan Dreamweaver.
  • Adobe Flash CS6 ACE. Program ini membahas dan menguji  pengetahuan peserta dalam animasi, video, serta cara deploy aplikasi berbasis flash ke production. Baik dalam platform web, desktop, maupun mobile platform. Dalam sertifikasi ini juga ada ujian mengenai penggunaan dasar dasar ActionScript 3.0


7. Pentaho
Sertifikasi Pentaho menguji dan memvalidasi kemampuan peserta dalam menggunakan Pentaho. Pentaho sendiri merupakan tool dalam bidang analitik data yang populer. Lingkup pengujian diantaranya menggambarkan apa itu Pentaho beserta penggunaannya, cara install, mengolah laporan, membuat model sampai kepada integrasi data dan administrasi.


8. Red Hat
Program ini menguji kemahiran peserta dalam menggunakan sistem operasi Red Hat. Target peserta dari ujian ini adalah system administrator sampai kepada enterprise developer. Berikut ini beberapa program sertifikasi milik Red Hat :

  • Red Hat Certified System Administrator (RHCSA). Sertifikasi ini bertujuan memvalidasi skill peserta dalam sistem administrasi pada lingkungan Red Hat Enterprise Linux.
  • Red Hat Certified Engineer (RHCE). Sertifikasi ini menguji peserta pengguna Red Hat yang sudah senior. Tes meliputi tambahan skill, pengetahuan dan kemampuan yang dipunyai senior system administrator pada lingkungan Red Hat Enterprise Linux.
  • Red Hat Certified Architect (RHCA). Sertifikasi ini menguji skill peserta mengenai Red Hat Enterprise Linux dan teknologi Red Hat lainnya.
  • Red Hat Certified Virtualization Administrator (RHCVA). Sertifikasi ini membahas dan menguji skill peserta dalam hal virtualisasi. Isi materi mengenai bagaimana deployment dan management infrastruktur untuk virtualisasi menggunakan teknologi Red Hat Enterprise Virtualization.


9. Zend
Program sertifikasi ini untuk memvalidasi dan menguji kemampuan peserta dalam penggunaan teknologi Zend. Terdapat 3 item pilihan sertifikasi diantaranya

  • Zend PHP Certification. Sertifikasi di bidang koding dengan bahasa pemrograman PHP. Mulai dari dasar-dasar koding, penggunaan fungsi, sampai kepada penggunaan dan integrasi database dalam PHP.
  • Zend Framework 2 Certification. Sertifikasi yang ditujukan untuk kalangan professional dalam penggunaan Zend Framework 2. Zend Framework merupakan framework enterprise yang populer dan dibuat langsung oleh organisasi pengurus PHP. Uji pengetahuan diantaranya membahas service manager, authentication,  sampai kepada web services.
  • Zend Framework 1 Certification. Sertifikasi ini membahas Zend Framework 1. Soal yang dibahas diantaranya konsep MVC, pengaturan performance, fungsi mail, infrastruktur, sampai integrasi database.



10. Wordpress
Sebagai salah satu CMS yang terkenal, Wordpress menyediakan sertifikasi juga. Sertifikasi dan training Wordpress bertujuan untuk memberi pengetahuan dan memvalidasi pengetahuan peserta dalam scaling Wordpress sampai dapat menghandle jutaan pengguna. Juga para peserta tersertifikasi juga mendapat kesempatan menjadi tim inti dalam pengembangan Wordpress.


11. VMware
Salah satu vendor tool virtualisasi ini mengeluarkan beberapa program sertifikasi yang ditujukan untuk para professional IT. Terdapat 3 program sertifikasi diantaranya :
  • VPCp6-CMA. Program ini menguji pengetahuan peserta mengenai cloud management dan automation seperti misalnya menginstall dan mengkonfigurasi teknolgo vRealize Suite Components milik VMware.
  • VPC6-NV. Program ini menguji pengetahuan peserta mengenai virtualisasi pada jaringan. Adapun beberapa materi diantaranya menggambarkan infrastruktur fisik VMware NXS dan troubleshooting virtualisasi VMware.
  • VCP6-DTM. Program ini memvalidasi pengetahuan peserta mengenai desktop dan mobility. Contoh topik pembahasan misalnya bagaimana cara install, mengkonfigurasi VMware Mirage.


Itulah tadi macam-macam sertifikat IT jika ingin sukses di bidang IT, semoga bermanfaat dan selamat belajar.

Sumber 
http://www.qerja.com/journal/view/352-5-sertifikat-penting-untuk-sukses-di-bidang-it/
https://jalantikus.com/tips/sertifikat-profesional-untuk-ahli-it/
https://www.codepolitan.com/berbagai-sertifikasi-it-yang-harus-diketahui

loading...
Labels: Teknologi, tips dan trik

Thanks for reading Mau Jadi Ahli IT Profesional ? Ini Macam-Macam Sertifikat IT Internasional. Please share...!

0 Comment for "Mau Jadi Ahli IT Profesional ? Ini Macam-Macam Sertifikat IT Internasional"

1. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
2. Dilarang keras SPAM + Live Link!!!
3. Jika copy paste, harap cantumkan link sumber
4. Kritik dan saran sangat diperlukan

loading...
Back To Top