eXTReMe Tracker

Tips Belajar Efektif dan Menyenangkan


Jamil 21 - Assalamu'alaikum dan selamat datang.
Belajar merupakan kegiatan yang dilakukan individu maupun kelompok dengan tujuan memperoleh pengetahuan. Belajar bagi sebagian orang menyenangkan, namun sebagian lagi menganggap belajar itu membosankan. Belajar sebagian orang menganggap hanya orang pintar yang bisa belajar dengan baik, padahal itu salah, belajar dapat dilakukan semua orang, selama masih ada kemauan.

Terkadang kita menggunakan metode belajar yang membosankan atau tidak efektif. Oleh sebab itu, kali saya bagikan beberapa tips belajar efektif dan mudah diaplikasikan dalam kehidupan sehari - hari :
  1. Berusaha hilangkan rasa malas –  Ini adalah kunci pertama. Biasanya jika kita tak terbiasa belajar, maka kita akan malas untuk belajar atau sekedar menengok buku pelajaran. Maka belajarlah untuk melawan rasa malas itu. Begitu kalian sudah terbiasa, maka rasa malas akan hilang berubah menjadi hal yang biasa.
  2. Belajarlah Mencintai Pelajatan/Mata Kuliah Tersebut - Anda tidak bisa dalam fisika (misal), namun anda sangat mencintai pelajaran yang satu ini. Maka dengan kecintaan itu, suatu saat akan menjadikan anda seorang ffisikawan hebat, karena sesuatu yang dilakukan sepenuh hati akan menghasilkan hasil yang memuaskan.
  3. Belajarlah Di Tempat Favorit Anda - Carilah tempat yang nyaman dan dapat menenangkan pikiran kita sewaktu belajar, dengan keadaan yang nyaman kita akan lebih mudah dalam memahami materi. Jangan memaksakan diri belajar di tempat yang tidak disukai karena itu akan membuat diri anda tertekan ketika belajar.
  4. Jangan belajar hanya dalam keadaan terdesak – Biasanya hal ini akan di lakukan oleh sebagian siswa di masa ujian. Mereka akan memaksa untuk belajar banyak teori dan materi yang sebelumnya mereka acuhkan. Dengan harapan mereka dapat menghadapi ujian dengan nilai bagus. Ini cara yang salah. Karena tiap pelajaran yang di pelajari dalam posisi fikiran tertekan, akan sulit untuk di simpan di dalam memori otak. Karena belajar membutuhkan persiapan fikiran yang santai dan rileks. Karena nanti akan di geber dengan semua pemahaman dan pemikiran yang akan membuat otak tersebut bekerja keras. Jadi otak butuh sedikit waktu istirahat dan persiapan sebelum bekerja. Kalau belum bekerja saja otak sudah panas, apa lagi kalo sudah bekerja. Bisa-bisa otak menjadi over load.
  5. Belajar Sambil Diskusi - Belajar secara kelompok memang dimaksud agar seseorang yang kurang mampu memahami materi bisa berdiskusi dengan orang yang sudah paham. Dengan metode belajar diskusi, termasuk metode belajar yang sering dilakukan oleh mahasiswa dalam memecahkan masalah belajar.
  6. Jangan Hanya Menghafal - Metode menghafal mungkin bisa menyukseskan kita dalam mencari "nilai yang baik", namun apakah pengetahuan kita bertambah ? tidak. Pahamilah materi dengan mempelajari konsep - konsepnya, bagaimana hal itu bisa terjadi, mengapa, apa selanjutnya, begitulah cara berpikir yang harus dikembangkan meskipun memakan waktu yang cukup lama. Sehingga kita akan tahu betapa indahnya Ilmu Pengetahuan itu.
  7. Jangan Malu-malu untuk Bertanya - Bila kita ada yang belum paham mengenai mater yang diajakan, cukup acungkan jari dan bertanyalah kepada Bapak/Ibu Dosen, jangan malu bertanya bila kita tidak bisa, jangan jadikan gengsi "takut dibilang Lambat Loading alias LALOT oleh teman-teman sebagai alasan, karena hal yang seperti itu tidak masuk akal.
  8. Berdoa – Ini adalah hal wajib. Karena segala sesuatu memang boleh di usahakan oleh manusia. Tapi berhasil dan tidaknya, itu hanya Tuhan yang dapat menentukan. Maka jangan pernah lupa berdoa sebelum dan setelah belajar. 
Demikian tips - tips belajar efektif dan menyenangkan. Semoga bermanfaat. Terima kasih

Sumber :
http://himatep-unm.blogspot.com/2014/03/belajar-efektif.html
http://pelajarpro.com/tips-belajar-efektif-dan-mudah-faham/
loading...
Labels: tips dan trik

Thanks for reading Tips Belajar Efektif dan Menyenangkan. Please share...!

2 Comment for "Tips Belajar Efektif dan Menyenangkan"

Belajar itu sebuah kewajiban, dan mutlak dicintai, jika sudah seperti itu belajar terasa menyenangkan

@Aisyah
Belajar yang menyenangkan akan membuat seseorang mendapat pengetahuan dengan baik.
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya.

1. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
2. Dilarang keras SPAM + Live Link!!!
3. Jika copy paste, harap cantumkan link sumber
4. Kritik dan saran sangat diperlukan

loading...
Back To Top