eXTReMe Tracker

Pentingkah Hijab bagi Wanita Muslim ?


Jamil 21 - Bismillahirrahmanirrahim. Hijab, kata yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat, utamanya kaum wanita muslim. Apakah itu sangat penting bagi kaum wanita ??? Lalu bagaimana hukum hijab itu ??? Sebelumnya mari kita pahami dulu pengertian dari hijab. 
Hijab (bahasa Arabحجاب ħijāb) adalah kata dalam bahasa Arab yang berarti penghalang. Pada beberapa negara berbahasa Arab serta negara-negara Barat, kata "hijab" lebih sering merujuk kepada kerudung yang digunakan oleh wanita muslim, namun dalam keilmuan Islam, hijab lebih tepat merujuk kepada tatacara berpakaian yang pantas sesuai dengan tuntunan agama.



Lalu mengenai hukum hijab telah dijelaskan dalam Al Qur'an :
"Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya[1232] ke seluruh tubuh mereka." Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang"
(QS. Al-Ahzab :59)
[1232]. Jilbab ialah sejenis baju kurung yang lapang yang dapat menutup kepala, muka dan dada. 

Kemudian dalam surat An-Nur ayat 31:
"...Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya..."
(QS. An - Nur : 31) 

Dari penjelasan kedua ayat di atas, maka Islam mewajibkan hijab bagi kaum wanita. Islam adalah agama yang penuh rahmat dan pasti aturan yang diterapkan dalam Islam memiliki kebaikan bagi yang melaksanakannya, maka pasti timbul pertanyaan apa keutamaan dari hijab itu ? Berikut ini keutamaan hijab :
1. Hijab atau jilbab merupakan manifestasi ketaatan kepada Alloh Subhanahuwata’ala dan Rosululloh Sholallohu’alaihi wa Sallam.
Alloh Subhanahuwata’ala telah mewajibkan ketaatan mutlak kepada-Nya dan Rosul-Nya Sholallohu’alaihi wa Sallam dalam firman-Nya:
“Hai orang-orang yang beriman, taatilah Alloh dan taatilah Rosul-(Nya)….” 
(QS. An-Nisa’: 59)
"Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang Mukmin dan tidak (pula) bagi perempuan yang Mukminah, apa-bila Alloh dan Rosul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan (yang lain) tentang urusan mereka. Dan barangsiapa mendurhakai Alloh dan Rosul-Nya, maka sungguh ia telah sesat dengan kesesatan yang nyata.” 
(QS. al-Ahzab : 36)
“Semua umatku akan masuk surga kecuali orang yang enggan dan menolak. Mereka bertanya: ‘Wahai Rosululloh, siapakah orang yang menolak tersebut? Beliau menjawab: ‘Barangsiapa yang taat kepadaku, ia akan masuk surga dan barangsiapa yang bermak-siat kepadaku, maka ia telah menolak.” (HR. al-Bukhari dan Ahmad)
2.  Hijab adalah sarana untuk menggapai kesucian diri (‘iffah).
“Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang Mukmin: ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu me-reka tidak diganggu….” 
(QS. al-Ahzab : 59)
Sekedar tambahan, hijab itu ternyata memiliki manfaat lain, berikut manfaatnya :
1. Terhindari dari godaan untuk centil dan tidak sopan
2. Laki laki akan merasa segan mengganggu/mengoda anda
3. Menutupi Aurat
4. Mencegah sengatan sinar matahari
5. Mencegah Kanker Kulit
6.  Menjaga kesehatan rambut
7. Menutupi masalah rambut
8. Mengurangi biaya perawatan rambut
9.  Mendidik untuk berperilaku baik
10 .  Menyusui ? Memberikan asi di tempat umum dengan mudah
11. Membuka lapangan kerja
Secara tidak langsung anda telah membantu membuka lapangan pekerjaan untuk industri fashion terutama industri kecil yang memproduksi jilbab. Industri jilbab saat ini memang sangat pesat perkembangannya, tentu kontribusi kita sebagai wanita yang menggunakan jilbab patut diapresiasi dalam membantu sebagai pengguna.
Itulah manfaat hijab dan sebenarnya sangat banyak. Lalu bagaimanakah kriteria hijab yang sesuai syariat Islam ??? Berikut ini pendapat  Muhammad Nashiruddin Al Albany ( seorang ulama hadits, infonya bisa dilihat disini ) kriteria jilbab yang benar hendaklah menutup seluruh badan, kecuali wajah dan dua telapak, jilbab bukan merupakan perhiasan, tidak tipis, bahan tidak tembus pandang, tidak ketat sehingga menampakkan bentuk tubuh, tidak disemprot parfum, tidak menyerupai pakaian kaum pria atau pakaian wanita-wanita kafir dan bukan merupakan pakaian untuk mencari popularitas diri.
Sebagai kesimupulannya, bahwa hijab bagi wanita muslim sangat penting, disamping karena syariat Islam juga karena manfaatnya yang begitu banyak. Dan bagi anda yang masih tidak ingin mengenakan hijab, semoga film pendek berikut ini dapat memotivasi anda.

Wassalam

loading...
Labels: Islam

Thanks for reading Pentingkah Hijab bagi Wanita Muslim ?. Please share...!

4 Comment for "Pentingkah Hijab bagi Wanita Muslim ?"

jilbab yang benar hendaklah menutup seluruh badan, kecuali wajah dan dua telapak, gimana ini mas contohnya kalo menutup seluruh badan?

Subhanallah,lengkap skali info tentang hijab disini.Teeima kasih infonya sangat bermanfaat.Lengkap..

@Chelin 1995
Bismillah
Saya sarankan anda kunjungi link ini
http://rumaysho.com/?s=jilbab+seluruh+badan

Wallahu 'alam

Sepertinya Aku ketinggalan menemukan halaman ini....

Hehhe..
Terimakasi ya ilmunya sabgat bermanfaat......
salam MUKENA UMRAH

1. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
2. Dilarang keras SPAM + Live Link!!!
3. Jika copy paste, harap cantumkan link sumber
4. Kritik dan saran sangat diperlukan

loading...
Back To Top