eXTReMe Tracker

Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Logo Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Jamil 21 - Bismillahirrahmanirrahim. Masa SMA/MA/SMK akan segera kita tinggalkan, sehingga tak dirasa banyak teman - teman mulai merencanakan masa depan mereka selanjutnya, ada yang ingin jadi pengusaha, ada juga ikut seleksi pendaftaran calon polisi dan TNI ada yang ingin lanjut jadi mahasiswa dan bahkan ada juga langsung ke pelamingan alias menikah :) . 
Oke bagi kawan - kawan yang memilih untuk jadi mahasiswa, disini saya berbagi info seputar pendaftaran mahasiswa baru di salah satu universitas terbaik di Dunia, yaitu Universitas Pendidikan Indonesia atau biasa disingkat UPI
Jalur penerimaan mahasiswa baru UPI dibagi dua jenis, yaitu Reguler dan Non Reguler. Berikut infonya :

A. Reguler

1. SNMPTN

SNMPTN merupakan satu-satunya pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri dalam satu sistem yang terpadu dengan menggunakan soal yang sama atau setara dan diselenggarakan secara serentak. Peserta yang dapat mengikuti seleksi melalui jalur ini adalah lulusan SMU/MAN dan SMK. Para calon dapat memilih jenjang S1 melalui jalur SNMPTN. Seluruh proses pendaftaran melalui jalur SNMPTN dilaksanakan oleh Panitia Ujian Masuk Lokal Bandung (PUML Bandung). Info seputar SNMPTN disini

2. PMDK

Seleksi mahasiswa baru melalui jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan Universitas Pendidikan Indonesia (PMDK-UPI) bertujuan untuk memperoleh calon mahasiswa unggul dengan memberi kesempatan secara lebih luas kepada siswa kelas III SMA/SMK/MA sesuai dengan minat dan kemampuannya untuk menjadi mahasiswa, dan berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di UPI. Yang dapat mendaftarkan diri adalah siswa SMA/MA/SMK kelas III yang memiliki peringkat 10 terbaik di kelasnya, atau siswa yang memiliki prestasi khusus dalam bidang olahraga untuk FPOK dan seni untuk pelamar program Seni Rupa, Seni Musik, Seni Tari yang ditunjukkan dalam bentuk piagam atau sertifikat yang dilegalisasi Kepala Sekolah.

3. UM

Ujian Masuk Universitas Pendidikan Indonesia (UM-UPI) bertujuan untuk memperoleh calon mahasiswa unggul dengan memberi kesempatan kepada masyarakat secara lebih luas untuk menjadi mahasiswa, dan berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di UPI. Calon mahasiswa jalur UM terdiri dua kategori yakni calon mahasiswa lulusan SMA/SMK/MA/Paket (fresh graduate) dan calon mahasiswa lanjutan. 

B. Non Reguler

1. Dual-Modes

Penyelenggaraan Program S-1 Dual Mode ini bertujuan untuk mendukung upaya percepatan peningkatan kualifikasi akademik bagi guru PAUD, SD, SMP, SMA dan sederajat sesuai dengan yang dipersyaratkan dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, dan Permendiknas No. 58 tahun 2009.
Calon mahasiswa Program S-1 Dual Mode adalah guru PAUD, SD, SMP, SMA, SMK dan sederajat dengan berlatar belakang pendidikan SPG/SGO/PGA/MA/SMA/SMK dan yang sederajat, D1, D-2 atau D3 dari LPTK yang telah memiliki izin penyelenggaraan Ditjen Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan Nasional atau Ditjen Pendidikan Islam Kementrian Agama. Status guru adalah guru tetap dalam jabatan, bagi guru PNS dibuktikan dengan SK pengangkatan sebagai guru dan bagi guru non PNS dibuktikan dengan SK dari Bupati (Dinas Pendidikan/BKD) dan Kanwil Kementrian Agama atau SK Yayasan Penyelengara Satuan Pendidikan yang Berbadan Hukum (Yayasan). Bagi guru harus sudah memiliki NIK (Nomor Induk Kepegawaian).

2. Bidik Misi

Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi – Departemen Pendidikan Nasional mulai tahun 2010 memberikan beasiswa dan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi dan berprestasi yang disebut Beasiswa BIDIK MISI. Sasaran dari program Bidik Misi adalah lulusan jenjang pendidikan menengah yang terdiri atas lulusan SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat tahun 2010 yang berprestasi dan orang tua/wali-nya kurang mampu secara ekonomi. Beasiswa diberikan sejak calon mahasiswa dinyatakan diterima di perguruan tinggi selama 8 (delapan) semester untuk program Diploma IV dan S1, dan selama 6 (enam) semester untuk program Diploma III dengan ketentuan penerima beasiswa berstatus mahasiswa aktif. Dana beasiswa dan biaya pendidikan yang diberikan adalah sebesar Rp 5.000.000 (lima juta rupiah) per mahasiswa per semester yang diprioritaskan untuk biaya hidup.

Itulah informasi jalur penerimaan mahasiswa baru Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Untuk info lebih lengkapnya, anda bisa mengunjungi web resminya http://www.upi.edu/ atau laman khusus PMB UPI disini

Baca  juga info
Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru UNHAS 2015/2016

Wassalam
loading...
Labels: Info

Thanks for reading Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Please share...!

2 Comment for "Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)"

Terimakasih gan Informasinya. kebetulan saya lagi bingung cari Informasi ttg kuliah :)

1. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
2. Dilarang keras SPAM + Live Link!!!
3. Jika copy paste, harap cantumkan link sumber
4. Kritik dan saran sangat diperlukan

loading...
Back To Top