eXTReMe Tracker

HARI PANGAN SEDUNIA: Petani Pejuang Pangan dan Gizi Bangsaku

http://www.expotama.com/images/event/2015/77/header.jpg

Hari Pangan Sedunia - Petani Pejuang Pangan dan Gizi Bangsaku. Petani merupakan orang yang bergeluk dalam bidang pertanian yang mengelola tanah dengan tujuan menumbuhkan tanaman yang hasilnya akan dimanfaatkan untuk diri sendiri maupun orang lain. Bercocok tanam telah ada sejak zaman Neolitik. Di Zaman Perunggu (5000 hingga 4000 SM), bangsa Sumeria memiliki pembagian kerja di bidang pertanian. Ketika panen, pekerjaan dilakukan secara berkelompok dengan jumlah orang dalam setiap grup sebanyak tiga orang.
 


Negara Indonesia yang mendapat gelar sebagai negara agraris karena hasil pertaniannya yang melimpah, namun sekarang keadaan Indonesia yang dulunya kaya akan hasil pertanian menjadi negara yang miskin sehingga banyak masyarakat kelaparan. Apalagi saat ini akibat dampak El Nino sehingga banyak sawah menjadi kering dan hal ini sangat merugikan petani padi yang dapat mengancam stok beras nasional. 

16 Oktober merupakan peringatan hari pangan sedunia, yang menjadi pembahasan pokoknya tentang kualitas dan kuantitas pangan setiap negara. Khusus di negara Indonesia, perlunya pemerintah mendorong para petani meningkatkan kinerja mereka dengan menyediakan alat dan bahan yang lebih modern sehingga dapat meningkatkan produksi pangan yang lebih banyak dengan kualitas tinggi. Kita sebagai bangsa Indonesia yang mendapat gelar negara agraris, harusnya malu karena saat ini hanya lebih mengandalkan impor beras yang padahal lahan pertanian Indonesia begitu luas dan melimpah.

http://assets-a2.kompasiana.com/statics/crawl/5529c2696ea8340c0c8b4567.jpeg?t=o&v=760
Sumber : kompasiana.com
Dengan diperingatinya hari pangan sedunia, menjadi bentuk usaha untuk meningkatkan kinerja petani sehingga meningkatnya pangan yang menjadi kebutuhan bangsa. Petani bukanlah profesi yang harus dipandang sebelah mata, petani merupakan pahlawan pangan dan gizi.

Bayangkan, kalau tidak ada petani, maka siapa yang akan mengolah tanah untuk tanaman yang menghasilkan sayur - sayuran dan buah - buahan yang kita makan setiap harinya. Beras yang kita makan setiap hari merupakan hasil kerja keras petani. Petani pejuang pangan dan gizi bangsaku yang berjuang mengolah tanah untuk menumbuhkan tanaman yang menghasilkan sayur dan buah yang menunjang gizi bangsa sehingga sampai detik ini kita masih bisa menegakkan tubuh kita untuk beraktivitas. Petani hidup dan mati bangsaku, meski gaji masih dibawah rata - rata untuk mencukupi kebutuhan mereka, para petani tetap setia dengan profesi mereka, maka bersyukurlah kepada Allah dengan keberadaan mereka.

https://lh6.googleusercontent.com/-Gt5hy_EryUg/UhxyFdF8MCI/AAAAAAAAdPQ/2jcB0rVUJ2Y/w849-h643/menikmati-lelah.JPG
Sumber : Google
Petani tulang punggung pangan dan gizi bangsaku, yang tidak hanya menjadi tulang punggung bagi keluarga mereka, namun telah menjadi tulang punggu pangan dan gizi bangsa Indonesia. Maka sepatutnya kita sebagai masyarakat Indonesia mengapresiasi petani Indonesia dan semoga di hari pangan sedunia yang diperingati 16 Oktober, dapat membuka mata rakyat dan pemerintah akan pentingnya peran petani. 

Berikut ini video singkat mengenai nasib petani Indonesia.

SELAMAT HARI PANGAN SEDUNIA
loading...
Labels: Info, Kesehatan

Thanks for reading HARI PANGAN SEDUNIA: Petani Pejuang Pangan dan Gizi Bangsaku. Please share...!

4 Comment for "HARI PANGAN SEDUNIA: Petani Pejuang Pangan dan Gizi Bangsaku"

Membayangkan seandainya tidak ada petani, gimana yaa

tuisaannya meskipun singkat, isinya bagus... enak pacanya, tdk terlalu panjang..
salam kenal www.aprikull.blogspot.co.id

Petani meski berjasa besar dan profesi baik. Tp syg uda banyak bgt generasi muda yg ga mau lg jd petani.. petani2 berjasa ini terancam tdk ada penerusnya hiks

1. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
2. Dilarang keras SPAM + Live Link!!!
3. Jika copy paste, harap cantumkan link sumber
4. Kritik dan saran sangat diperlukan

loading...
Back To Top